Senin, 22 Februari 2016

Jual Beli

JUAL BELI Pernahkah kamu pergi ke pasar?

Apa yang ada di pasar?
Pasar merupakan tempat berkumpulnya penjual dan pembeli untuk melakukan kegiatan jual beli. Banyak barang yang dijual di pasar.

A. Kegiatan jual beli di lingkungan rumah

Setiap orang dan setiap keluarga mempunyai kebutuhan. Kebutuhan tersebut antara lain adalah kebutuhan makanan, kebutuhan pakaian, kebutuhan tempat tinggal, dan kebutuhan hidup lainnya. Untuk memenui kebutuhan hidup kita harus berbelanja. Tempat-tempat perbelanjaan antara lain warung, toko, dan pasar. Di pasar banyak pedagang atau penjual yang menjual kebutuhan hidup sehari-hari. Orang yang tinggal di dekat pasar pun bisa mendapatkan penghasilan tambahan, misalnya dengan membuka tempat penitipan sepeda, menjual makanan atau minuman, atau juga bisa menjadi kuli angkut barang.

1. Macam-Macam Tempat Kegiatan Jual Beli

Tempat terjadinya kegiatan jual beli, antara lain di warung, toko-toko, dan pasar, baik pasar tradisional maupun pasar modern.
a. Warung
Warung adalah tempat untuk menjual dan membeli barang-barang kebutuhan sehari-hari, seperti beras, minyak goreng, kecap, gula, kopi, teh, susu, sabun, shampo, pasta gigi, sayur-sayuran, dan keperluan hidup lainnya. Warung biasanya terdapat di rumah-rumah. Barang-barang yang dijual juga hanya sedikit dan harganya biasanya boleh ditawar.
b. Toko
Toko adalah bangunan permanen yang didalamnya terjadi kegiatan jual beli dengan jenis benda atau barang yang khusus, misalnya toko buku, toko buah, toko listrik, dan lain-lain. Barang yang dijual di toko biasanya lebih banyak dan lengkap daripada di warung. Sekarang ini ada toko yang khusus menjual satu macam kebutuhan saja. Seperti, Toko sepatu, toko pakaian, toko bahan bangunan, toko listrik, dan toko mainan anak-anak. Biasanya harga di toko sudah ditetapkan dan tidak bisa ditawar lagi. Di toko kita bisa memilih barang dengan bebas dan membayar sesuai dengan harga yang telah ditetapkan.
    Rudi ingin membeli mainan robot-roboatan dan mobil-mobilan. Ia pergi ke toko mainan Ceria. Di toko Ceria banyak tersedia bermacam-macam mainan. Ada yang harganya murah dan ada juga yang harganya sangat mahal. Lain lagi dengan Rini, Ia pergi ke toko Ceria hanya ingin membeli boneka beruang.
    Di manakah ayahmu akan membeli bahan-bahan bangunan untuk membangun rumah atau untuk meperbaiki atap rumah yang rusak? Untuk membeli bahan-bahan bangunan orang-orang harus pergi ke toko bahan bangunan. Jangan pergi ke apotik. Di toko bangunan semua keperluan untuk membangun rumah atau memperbaiki atap rumah tersedia. Seperti, pasir, semen, kayu, asbes, genteng, batu bata merah, paku, amplas, dan masih banyak yang lainnya.
    Selain berbagai jenis toko yang disebutkan diatas, ada lagi toko yang sangat besar. Pembelinya dapat mengambil sendiri barang-barang yang akan dibeli dan yang dibutuhkan.
Tempatnya luas dan nyaman. Bahkan ada tempat untuk bermain anak-anak. Toko ini disebut swalayan.
c. Pasar
    Pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli. Semua kebutuhan hidup sehari-hari tersedia di pasar. Di pasar banyak terdapat kios-kios yang menjual berbagai barang. Ada kios yang khusus menjual sayuran, daging ayam, daging sapi, ikan, buah, sembako, dan lain sebagainya. Di pasar kita bisa memilih dan menawar barang yang akan dibeli, sehingga mendapatkan harga yang lebih murah.
d. Supermarket
    Supermarket adalah toko dimana pembeli dapat memilih dan mengambil sendiri barang yang ingin dibeli. Harga barang-barang di supermarket tidak bisa ditawar-tawar lagi, dan persediaan barang lebih banyak dan lebih lengkap dibandingkan dengan toko biasa.
Setelah mengambil barang-barang yang dibutuhkan, pembeli membawanya ke kasir untuk melakukan pembayaran. Kasir akan menghitung jumlah barang yang dibeli dan menyebutkan jumlah harga yang harus dibayar oleh pembeli. Untuk mengatasi antrian yang panjang, biasanya supermarket menyediakan beberapa kasir untuk melakukan pembayaran. Tempatnya nyaman dan luas.
2. Barang Kebutuhan Sehari-hari
    Berbagai macam barang kebutuhan sehari-hari. Misanya kebutuhan untuk makan. Makan merupakan kebutuhan pokok, kita membutuhkan nasi yang berasal dari beras. Kita juga membutuhkan sayuran, daging, telur, ikan, tahu, dan tempe untuk lauk pauk.
Untuk membersihkan badan, kita harus mandi. Untuk membersihkan badan kita membutuhkan sabun mandi, shampo, sikat gigi, dan pasta gigi. Sabun mandi untuk membersihkan badan. Sikat gigi dan pasta gigi berguna untuk membersihkan gigi dari kuman penyakit, dan shampo untuk mencuci rambut.
    Ibu berbelanja ke pasar. Ibu membeli kebutuhan sehari-hari, ada beras, gula pasir, teh, kopi, susu, telor, minyak goreng, ikan laut, dan daging. Ibu juga membeli sayuran dan buah-buahan. Ada bayam, kangkung, wortel, terung, dau singkong, bunga kol, sawi, dan buncis. Ada juga buah-buahan seperti, jeruk, nanas, pepaya, melon, semangka, apel, dan lain-lainnya. Ibu juga membeli keperluan bumbu dapur, seperti garam, bawang putih, bawang merah, cabai, merica, pala, dan lain sebagainya.

Kegiatan Jual Beli di Lingkungan Sekolah

Kegiatan jual beli selain yang ada di warung, pasat dan toko seperti yang diuraikan diatas ada juga kegiatan jual beli di lingkungan sekolah, yaitu kegiatan jual beli yang dilakukan di Koprasi dan kantin sekolah.
1. Koprasi Sekolah
Di sekolah biasanya ada koperasi, koprasi sekolah menjual berbagai keperluan dan perlengkapan sekolah, seperti buku, pensil, pulpen penggaris, dan lainnya. Harga barang yang dijual di koprasi sekolah biasanya lebih murah atau sama dengan harga di pasar.
2. Kantin Sekolah
Selain koprasi, di sekolah juga biasanya ada kantin yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Biasanya makanan atau jajanan yang dijual di kantin sekolah lebih bersih dan lebih sehat.
Sebaiknya bila membelih makanan atau jajanan pilihlah makanan yang dibungkus dengan plastik atau yang ditempatkan ditempat atau wadah yang tertutup. Hindari makanan yang banyak dihinggapi lalat. Makanan yang dihinggapi lalat bisa menyebabkan sakit terutama sakit perut. Jadi, harus hati-hati dalam memilih atau membeli makanan.

1 komentar:

  1. KAMI MENAWARKAN SEMUA JUMLAH KREDIT - BERLAKU UNTUK KREDIT TERJANGKAU.

    Apakah Anda seorang pria atau wanita bisnis? Apakah Anda dalam kekacauan keuangan atau Apakah Anda memerlukan dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memulai usaha kecil dan menengah yang bagus? Apakah Anda memiliki nilai kredit rendah dan Anda merasa sulit mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya ?. Pelamar yang berminat harus menghubungi kami melalui email: PergoCF@cheerful.com (PergoCF@qualityservice.com) PergoCF@gmail.com

    BalasHapus