Rabu, 14 Oktober 2015

Jumlah kata dalam Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia yang mendunia mungkinkah?

Bahasa Indonesia menjadi bahasa Internasional layakkah? Harapan kita semua dan tentunya kita menginginkan supaya Bahasa Indonesia bisa menjadi bahasa Internasional, menjadi bahasa yang digunakan oleh masyarakat dunia sejajar dengan Bahasa Inggris. Tetapi harapan seperti itu rasanya sulit terwujud, karena banyak hambatanya. Salah satu penghambatnya yaitu bahasa Indonesia dianggap masih miskin kata.


Jumlah kata dalam Bahasa Indonesia

Berapakah jumlah seluruh kata Bahasa Indonesia sekarang ini? Ditahun 2014,  jumlah kata dalam bahasa Indonesia diperkirakan berjumlah 101.611 kata. Jumlah tersebut meningkat jumlahnya jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Pada tahun 2008 bahasa Indonesia memiliki kata sebanyak 90 ribu kata. Pada tahun 2000 dengan jumlah kata sebanyak 78 ribu kata. Pada tahun 1991 sebanyak 72 ribu, dan pada tahun 1988 hanya memiliki 62.100 kata.
Setiap tahunnya ada penambahan kata dalam bahasa Indonesia sehinga jumlahnya selalu meningkat dari tahun ke tahun. Namun, jika dibandinggkan dengan bahasa Inggris masih kalah jauh, bahasa Inggris setidaknya memiliki 1 juta kata, dan setiap tahunnya ada penambahan kata baru sekitar 8.500 kata.

Harapan kita semua, semoga saja Bahasa Indonesia bisa menjadi Bahasa Internasional, Bahasa yang dipergunakan dan diucapkan oleh seluruh umat manusia. Semoga....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar